My progress PA

TUGAS 1 MATA KULIAH

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM

ANALISIS MENGENAI OBJEK AKHIR DENGAN MENGGUNAKAN FASE DALAM SDLC

FASE 1

1. PENGENALAN

  1. Masalah
  2. Kesempatan
  3. Tujuan

2. KETERLIBATAN PERSONAL

  1. Analis sistem
  2. Manajemen user
  3. Manajemen sistem

3. MENENTUKAN KEBUTUHAN INFORMASI

  1. Interview manajemen, operasi dan personal
  2. Mengumpulkan dokumen sistem/operasi
  3. Menggunakan questioner
  4. Mengamati sistem dan keterlibatan personal
  5. Menggunakan pertanyaan who, what, where, when, why dan how

APLIKASI WORK SCHEDULE SEBAGAI OUTPUT DALAM SISTEM PENGGAJIAN PADA TOMMY SALON CIPUTAT

1. PENGENALAN

  1. Masalah

Masalah yang ada pada Tommy Salon yang berada di kawasan Ciputat, Tangerang propinsi Banten adalah mengenai jadwal kerja dalam menangani/melayani customer yang datang. Proses pencatatan yang dilakukan dilakukan dalam sheet atau table kerja yang masih manual hanya dengan check list (√ ). Kemudian atas dasar inilah diinput dalam jumlah gajinya sebagai tambahan tunjangan dalam perhitungan gaji mereka di akhir bulan. Adapun aplikasi gaji yang dipakai dalam perusahaan ini adalah menggunakan Microsoft excel sederhana. Sebagai tambahan penulis juga menawarkan agar output slip gaji yang dihasilkan akan lebih mudah dalam penggunaanya.

  1. Kesempatan

Melihat masalah yang ada pada Tommy Salon ini mengenai masih manualnya system pencatatan dan begitu sederhananya proses penghitungan gajinya maka aplikasi yang penulis tawarkan ini akan sangat membantu bagi pihak manajemen dalam mengelola bisnis perusahaan mereka yaitu kalau kita pandang dari segi efisiensi waktu dan tenaga yang dikeluarkan.

  1. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi work schedule dalam penggajian ini adalah untuk memudahkan manajemen dalam mengerjakan dan mengelola perusahaan yaitu dalam hal pengelolaan gaji karyawannya. Dimana ketika pada saat gajian tiba biasanya di awal bulan, bagian urusan gaji tidak terlalu sulit untuk menghitung dan melaporkannya. Dan juga ketika pada suatu waktu ada pembagian gaji mendadak maka akan segera diketahui berapa jumlah gaji tiap karyawan dan laporannya.

2. KETERLIBATAN PERSONAL

  1. Analis sistem

Analis sistem dalam hal ini adalah kita sendiri yang sedang menganalisa masalah apa yang sedang terjadi di perusahaan, sistem apa yang sedang dipakai perusahaan, sehingga kita bisa memperkirakan sistem seperti apa yang cocok bagi perusahaan tersebut.

  1. Manajemen user

Siapa yang akan memakai aplikasi yang kita buat harus pula diketahui sehingga memudahkan kita dalam merancang aplikasi yang sesuai.

  1. Manajemen sistem

Siapa-siapa sajakah yang ada dalam manajemen sistem dalam sebuah perusahaan menentukan juga langkah kita dalam menentukan aplikasi yang sesuai bagi perusahaan tersebut.

3. MENENTUKAN KEBUTUHAN INFORMASI

  1. Interview manajemen, operasi dan personal

Disini kita melakukan wawancara dengan bagian administrasi atau manager perusahaan untuk menggali lebih banyak mengenai hal-hal apa yang sedang terjadi I dalam perusahaan dan informasi mengenai bagian gaji ini lebih banyak..

  1. Mengumpulkan dokumen sistem/operasi

Dalam hal ini kita mencari sumber-sumber output dari system aplikasi gaji yang akan penulis rancang nantinya. Bagaimana model yang da di perusahaan apakah perlu dilakukan perubahan atau tidak.

  1. Menggunakan questioner

Penggunaan questioner dapat memudahkan kita dalam menemukan data-data yang nantinya akan kita gunakan dalam membuat aplikasi gaji ini.. Dengan menggunakan questioner data-data yang kita peroleh lebih akurat dan lebih terperinci.

  1. Mengamati sistem dan keterlibatan personal

Dengan mengamati sistem yang sedang dipergunakan oleh perusahaan dan personel yang terlibat dalam sistem tersebut memudahkan kita dalam merancang aplikasi gaji yang sesuai dan cocok untuk perusahaan.

  1. Menggunakan pertanyaan who, what, where, when, why dan how

Who (siapa), siapa pemilik perusahaan baja tersebut? Siapa saja karyawan yang dimiliki

What (apa), bergerak dalam bidang apa perusahaan tersebut ? perusahaan yang sedang diteliti oleh penulis saat ini adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha jasa salon

Where (dimana), dimana alamat dari salon tersebut ?

When (kapan), kapan penelitian ini dilakukan?

Why (mengapa), mengapa penulis tertarik untuk meneliti perusahaan baja tersebut ? alasannya karena perusahaan ini masih menggunakan system yang masih manual dan sangat sederhana. Akan lebih baik kalau kita membuatnya secara computerized agar semuanya berjalan lebih efisien.

How (bagaimana), bagaimana penelitian ini dilakukan ? penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: